DAMPAK PERGAULAN BEBAS TERHADAP MASA DEPAN (Gheyta Messia Salsabilla A. W)

   Pada masa peralihan dari anak-anak menjadi remaja adalah masa yang sangat rentan, karena pada masa ini para remaja memiliki sikap yang labil dan mereka memiliki keinginan tinggi untuk melakukan berbagai hal. Para remaja ingin memiliki kehidupan yang bebas seperti orang dewasa. Karena alasan tersebut, remaja menjadi rentan terjerumus dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah perilaku atau tindakan yang tidak terkontrol dari indivudu atau kelompok, yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. 
    Alasan para remaja mengikuti pergaulan bebas karena pergaulan bebas pernah menjadi tren yang populer pada saat ini di kalangan remaja. Mereka juga berpikir bahwa menjadi anak yang nakal dan bersifat arongan adalah hal keren. Karena dengan itu mereka menjadi seseorang yang ditakuti dan di segani oleh teman sebaya ataupun orang lain. Para remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas akan sulit untuk mengendalikan emosi dan diri mereka. Dampak negatif pergaulan bebas juga bisa mempengaruhi perilaku remaja yang mengarah pada penurunan kualitas hidup mereka. 
    Jika seorang remaja tersejurus dalam pergaulan bebas, maka akan berpengaruh terhadap pendidikannya. Hal ini dapat terlihat dari prestasi belajar anak yang menurun, rasa malas anak ketika di suruh belajar, bolos sekolah, sering melawan orang tua, bahkan putus sekolah. Itu sangat disayangkan karena pendidikan adalah hal terpenting dan harus di utamakan dalam kehidupan seseorang. Pendidikan adalah hal penting karena bisa membentuk karekter anak menjadi lebih baik, lebih berakhlak dan lebih berwawasan. Pendidikan adalah bekal yang baik bagi masa depan karena dengan pendidikan akan mendapatkan peluang kerja yang lebih baik di masyarakat dan di masa depan. Apalagi di masa sekarang, dengan pesatnya kemajuan zaman dan teknologi yang membuat pendidikan harus menjadi nomor satu. 
     Oleh karena itu, para remaja harus bisa menghindari dan menjaga diri dari pergaulan bebas. Para remaja juga harus fokus pada pendidikan, karir dan hubungan sosial mereka untuk menghindari pergaulan bebas untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Dengan fokus pada masa depan mereka, para remaja dapat memperbaiki diri seiring dengan berjalannya waktu dan menjauhkan diri mereka dari hal-hal yang tidak baik dan dapat merugikan mereka. Dalam proses mencapai masa depan, mereka akan belajar untuk berkembang sejara positif dan tidak merugikan diri mereka sendiri. Setiap tindakan yang kita lakukan pasti akan berdampak dengan masa depan kita. Karena itu kita harus fokus pada masa depan yang kita inginkan. Jika kita fokus pada masa depan akan membantu kita menjauh dari hal-hal yang tidak baik dan berdampak buruk bagi hidup kita. Kita juga harus memahami bahwa setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil akan memengaruhi masa depan kita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati