LAWAN PERGAULAN BEBAS DENGAN KREATIF DAN INOVATIF / Intan Dwi Wulandari

Pergaulan bebas sangatlah merajalela di kalangan remaja saat ini terutama di kota-kota besar. Perubahan zaman saat ini jauh berbeda dengan zaman dulu. Zaman sekarang banyak mengarah pada dampak negatif dan faktor menyimpang dengan adanya pergaulan bebas. Pergaulan bebas menyebabkan banyak sekali individu seperti remaja yang mengikuti pola hidup orang barat yang seharusnya dicerna terlebih dahulu sebelum dilakukan di kehidupan sehari-hari. Hal ini akan menambah pemikiran menuju kearah negatif.
 Saat ini sudah banyak terjadi pergaulan bebas contohnya, seperti pelecehan seksual yang terjadi di kalangan kaum hawa bahkan ada yang terjadi di kalangan remaja dan pelajar. Salah satu contoh kasus sering ditemui saat ini adalah berhubungan dengan lawan jenis yang sering disebut pula dengan pacaran. Pacaran merupakan salah satu bentuk keinginan untuk melakukan hubungan seksual awalnya hanya sebatas teman tetapi lama kelamaan berujung pada hubungan intim,dan akhirnya menimbulkan banyaknya remaja menikah di usia dini,putus sekolah, dikarenakan hamil di luar nikah yang mengakibatkan rusaknya masa depan orang tersebut.
Pergaulan bebas dapat di sebabkan oleh beberapa faktor internal atau pun eksternal. faktor internal adalah rasa ingin tahu yang kuat dalam diri sendiri untuk melakukannya.dan juga terjadi karena adanya faktor eksternal, seperti kurangnya perhatian orang tua. Orang tua di sini memiliki peranan penting bagi setiap anak karena orang tualah yang mengawasi agar anak berkembang yang baik maka dari itu kasus pergaulan bebas sering terjadi pada anak broken home.dan lingkungan pergaulan,kurang pahamnya ilmu agama dan pendidikan, dorongan dari teman-temannya untuk melakukan hal tersebut juga termasuk faktor eksternal pergaulan bebas.
Faktor lainnya yaitu penyalahgunaan internet yang bisa mengakibatkan fatal.
Contoh pergaulan bebas lainnya dan harus dihindari antara lain adalah tidak taat pada agama, merokok , menggunakan obat-obatan yang terlarang ,seks bebas, minum-minuman keras. Cara yang dilakukan mengatasi pergaulan bebas contohnya seperti: memperdalam ilmu agama dan pendidikan, membentuk karakter sikap yang positif, mempererat hubungan antara anak dengan orang tua, mencari teman yang baik dan dapat dipercaya sehingga dapat memberikan inspirasi yang positif.
Dapat dikatakan bahwa pergaulan bebas sangatlah berbahaya bagi semua orang terutama pada kalangan remaja dan pelajar maka dari itu orang tua harus siap siaga mengawasi anak-anaknya dalam pergaulan jika tidak akan berdampak pada rusaknya masa depan.Isi masa depan dengan sebaik-baiknya melalui kegiatan positif, kreatif, dan inovatif . Lawan pergaulan bebas dengan hal tersebut sehingga dapat menunjang keberhasilan pada diri remaja tersebut. Dengan memikirkan masa depan tercapailah apa yang dikehendaki sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Pendidikan penuntun ilmu yang dapat memberantas pergaulan bebas.
Penulis :
Nama : Intan Dwi Wulandari 8b).Lahir : Jember,20 Mei 2008.Sekolah : MTs.N 7 Jember.Hp : 085331419619. Email : duwiintan491gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati