MEMANFAATKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK PENGEMBANGAN DIRI/Naila Althafunnisa

Perkembangan teknologi melesat begitu cepat tanpa bisa kita hindari. Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mengikuti. Hakikatnya teknologi diciptakan manusia untuk menyelesaikan dan menyederhanakan hal-hal yang sulit, namun pada kenyataannya banyak permasalahan yang muncul sebagai dampak dari perkembangan teknologi. 
  Generasi muda banyak yang terjebak oleh kemudahan informasi yang bisa didapat dengan sekali jentikan jari. Betapa banyak remaja yang terlibat kasus hukum akibat kurang bijak dalam memanfaatkan teknologi, terjebak dalam pergaulan yang tidak sehat, hingga mengalami gangguan akibat kecanduan gadget. Dengan teknologi, banyak remaja yang menganggap semua begitu mudah tanpa harus bersusah payah, hingga kurang menghargai proses yang seharusnya mereka jalani, hingga tidak menyadari berbagai dampak negatif dan bahaya yang terus mengintai.
Sebagai remaja, tidak seharusnya teknologi menjadi beban dan ketakutan, namun sebaliknya kemajuan teknologi adalah tantangan yang bisa membuat kita semakin bersemangat untuk mempelajari dan memanfaatkannya untuk meraih prestasi  baik akademik maupun non akademik. Sebaliknya, perkembangan teknologi juga bukan sebagai alasan untuk menganggap segalanya mudah hingga mengabaikan pentingnya proses. 
Teknologi diciptakan agar kita tidak menjadi katak dalam tempurung, apalagi menjadikan kita terlarut dan hanyut sendiri dalam kesendirian dengan asyiknya gadget dan teknologi. Sebaliknya tidak pula menjadikan kita begitu bebas berselancar di dunia maya dan mengabaikan etika dan kewajiban sebagai pelajar.  Teknologi hendaknya kita manfaatkan untuk bisa mengikuti globalisasi, meruntuhkan batas tempat dan waktu untuk dapat meraih informasi yang bermanfaat dan menjadikan kita pribadi yang terbuka atas setiap perubahan.
Setidaknya ada tiga motivasi bagi anak dan remaja untuk mengakses teknologi internet yaitu untuk mencari informasi, terhubung dengan teman lama dan baru serta untuk hiburan. Pencarian informasi yang dilakukan sering didorong oleh tugas-tugas sekolah, sedangkan penggunaan media sosial dan konten hiburan di dorong oleh kebutuhan pribadi. Tidak ada yang salah dengan mencari teman atau mencari hiburan, namun akan menjadi masalah jika keduanya menjadikan kita lalai dengan tugas. Teman dan pergaulan yang baik sangat kita perlukan untuk menjadi pribadi yang terbuka, hiburan juga sangat penting agar hati kita merasa bahagia. 
Baik dan buruknya dampak dari kemajuan teknologi pada hakikatnya adalah kembali dari pengguna itu sendiri. Pelajar dan remaja yang menggunakan teknologi harus mengetahui, apa tujuan dan niat mereka menggunakan teknologi tersebut, karena tujuan itulah yang akan menuntun mereka agar terhindar dari situs dan informasi yang menyesatkan. Berikutnya adalah kita harus fokus pada tujuan tersebut, bila kita ingin mengembangkan diri, bisa dengan mencari informasi tentang berbagai lomba dan kompetisi sesuai minat dan bakat yang dimiliki, dari sanalah kita bisa mengembangkan diri, semakin mengetahui kemampuan kita sebagai penyemangat  untuk terus maju dan berkembang.

Penulis : Naila Althafunnisa .Lahir di Jember, 25 Oktober 2008. Sekolah di MTs.N 7 Jember. No.HP: 082331112153. Email : @nailanalthafunnisa10@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati