Gemar Membaca Gaya Bahasa Luar Biasa/Sujarwati

Membaca memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup bagi semua orang. Ibaratkan orang setiap hari makan. Tanpa makan akan kelaparan.  Membaca merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Bisa dikata membaca bukan lagi kewajiban tetapi kebutuhan setiap hari. Membaca merupakan kegiatan untuk memahami informasi yang disampaikan oleh penulis. Dari membaca, pembaca hendaknya mampu  menstranfer pesan, informasi dari apa yang dibaca. Tanpa membaca tak dapat apa-apa. Tanpa membaca tak dapat kata. Budayakan membaca.  Jangan sia-siakan waktu. Sisihkan waktu walau dalam sekejab, apakah 5 menit, 10 menit, atau lebih. Walau hanya sekejab akan membuat kita tertata dalam bertutur kata baik secara lisan maupun tulisan.   
Berbicara  membaca sangat identik dengan buku.  Buku merupakan  idola bagi semua orang. Datang membaca buku tentu akan mendapatkan aneka ilmu Sering membaca tentu tambah pintar berbahasa. Dan dengan banyak membaca inspiratif akan terlihat nyata. Tak dapat dipungkiri jika banyak orang gemar membaca. Orang gemar membaca sangat jelas memiliki perbedaan yang sangat menohok dari apa yang dimiliki. Pengetahuan, wawasan yang dimiliki oleh orang yang gemar membaca jauh lebih luas. Gaya bicara dan kemampuan mengucap kata-kata dengan  perbendaharaan yang dimilki sangat luar biasa.Tak khayal jika membaca mampu mengubah seseorang menjadi lebih baik. Membaca mampu membuat seseorang menjadi ahli menggunakan kata dan mengolah kata. Benar-benar hebat bisa kentara hasilnya. 
Sebaliknya jika orang tidak mau untuk membaca tentu saja tak memiliki banyak kata. Sangatlah minim terkait dengan perbendaharaan kata yang dimiliki. Susah menuturkan karena masih berpikir untuk mengolah kata. Banyak informasi yang tidak diketahui padahal setiap hari silih berganti. Dalam hal ini membaca sangatlah berarti bagi kehidupan kita. Berbicara tentang membaca siapa yang tak tertegun dan kagum jika sang tokoh berbicara dengan tegas  Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena buku aku bebas. Berarti buku sangat sakti dan buku merupakan sumber ilmu yang mampu mengubah tanpa pengetahuan dan wawasan menjadi literat handal yang hebat. Buku teman hidup. Buku tempat rekreasi sehingga terhibur dengan isi yang menarik. Jangan dijauhi, jangan dihindari. Geluti buku dengan baik secara intensif agar mampu merespon terhadap berbagai hal sesuai dengan buku yang dibaca. 
Dengan demikian dan perlu dipahami membaca memiliki peranan  sangat penting bagi kehidupan semua manusia. Melalui membaca banyak manfaat yang dapat ditorehkan, banyak manfaat yang dapat  diperoleh. Dengan Membaca mampu memberi penerang pengetahuan, mampu memberi wawasan, ilmu  yang luar biasa, memberi informasi,  perbendaharaan kata, dari tidak tahu menjadi tahu, banyak ide-ide baru yang didapatkan, banyak informasi yang  menginspirasi. Jangan ragu dan malas untuk menimba ilmu melalui membaca. Sangat benar jika membaca membuka cakrawala dunia. Membaca merupakan jendela ilmu. Jangan dilupakan tingkatkan untuk gemar membaca. 
Mari kita tingkatkan pengetahuan dan wawasan melalui membaca. Dengan membaca mampu memberi peluang besar untuk hidup menjadi nyata dalam menampung informasi yang lebih luas. Informasi setiap hari selalu silih berganti, aktual dan terpercaya. Dengan membaca akan tahu berbagai hal apakah sosial, ekonomi, budaya, kesehatan, agama, seni, dan sebagainya. Tanpa informasi akan hampa. Tanpa membaca akan tenggelam sepanjang masa. Tiada hari tanpa membaca. Membaca impian insan semua. Meningkat membacanya , meningkat kecerdasannya. Meningkat literasinya. Salam Literasi!!


























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati