DENGAN ISRA' MI'RAJ TINGKATKAN IMAN DAN TAGWA / Chusnul Chotimah, S.Pd.

     Setiap tanggal 27 Rajab , Umat Islam memperingati peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Tahun ini peringatan Isra' Mi'raj mengacu pada kalender Hijriah Kementerian Agama RI, 27 Rajab jatuh pada Kamis 8 Februari 2024.
       Untuk memperingati  Isra' Mi'raj di MTsN 7 Jember dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Februari 2024 di Masjid Al- Islah Sidomulyo-Umbulrejo.
Tidak hanya siswa yg memperingati isra' Mi'raj, Dharma wanita persatuan MTsN 7 Jember juga melaksanakan kegiatan tersebut, tepatnya hari Kamis,15 Februari 2024. karena peristiwa isra'Mi'raj merupakan salah satu peristiwa
penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW dan peristiwa ini menjadi salah satu bukti kebesaran Allah SWT.
        Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dg tujuan untuk mengingatkan kembali Kisah Isra' Miraj Nabi Muhammad yaitu peristiwa perjalanan Rasulullah SAW pada suatu malam, yaitu dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, lantas berlanjut hingga ke langit ke-7 dan Sidratulmuntaha. Kemudian Nabi Muhammad SAW  diperlihatkan sebagian dari kebesaran Allah SWT. Beliau juga mendapat perintah sholat lima waktu dari Allah SWT.
       Selain untuk mengingat kembali peristiwa isra' Mi'raj tsb, kita juga bisa mengambil hikmah dibalik peristiwa isra' Mi'raj. Hikmah yang dapat diambil oleh Umat Islam pada peringatan Isra' Mi'raj antara lain:
1. Pentingnya perintah Salat bagi umat Islam
Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Sidrotul Muntaha menghadap Allah melalui peristiwa Isra' Miraj, untuk menjemput perintah Salat lima waktu, menunjukkan bahwa perintah Salat adalah kewajiban yang menentukan ibadah lainnya. Jika kewajiban Salat di abaikan oleh umat Islam maka amalan lainnya menjadi tidak berarti, seperti rumah yang tidak bertiang. Karena Salat merupakan hubungan vertical seorang hamba kepada Allah SWT yang harus di jaga kekokohannya.
2. Menumbuhkan dan meningkatkan keimanan kita terhadap kekuasaan Allah SWT yang Maha berkehendak.
3. Menanamkan pemahaman tentang hubungan Horizontal.
Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram Makkah menuju Masjidil Aqso Palestina adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk mengabarkan kepada umat islam akan pentingnya hubungan manusia dengan manusia yang harus terjaga yang disebut hubungan Horizontal . Dalam islam di kenal dengan hablum minallah wahablum minannas yang harus seimbang. Sehingga Allah akan janjikan surga bagi yang mematuhi perintahnya.
Menumbuhkan dan meningkatkan keimanan kita terhadap kekuasaan Allah SWT yang Maha berkehendak.
4. Melalui peritiwa Isra' Mi'raj manusia harus sadar kehidupan yang kekal dan abadi bukan di dunia tapi di akhirat yang Allah janjikan ada konsekwensi dari apa yang di lakukan oleh manusia yaitu balasan surga atau neraka. Peristiwa Isra' Mi'raj, menjadi hal yang perlu dipahami oleh umat islam, bahwa dalam kehidupan ini tidak ada yang kekal abadi. Dunia ini fana dan sementara. Ada batas yang telah Allah janjikan pasti bagi manusia yaitu kematian.
          Demikian sekelumit hikmah yg bisa kita petik dari Peristiwa Isra' Mi'raj tersebut. Semoga dg peristiwa Isra' Mi'raj ini dapat menambah iman dan takwa kita kepada Allah SWT,  dan lebih khusuk melaksanakan perintah solat 5 waktu dg baik sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, ditambah dengan amalan- amalan sunnah yang diajarkan oleh beliau Baginda Rosullullah, serta dapat menjadi pribadi yg baik di masyarakat.

Biografi :
Nama :  Chusnul Chotimah, S.Pd., salah satu pengajar di MTsN 7 Jember mulai tahun 2002 hingga sekarang
           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati