Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin


Umbulsari - Jember, 8 Maret 2024 - Hari ini, para siswa-siswi guru dan karyawan MTsN 7 Jember berkumpul di halaman belakang MTsN 7 Jember untuk sarapan bersama dengan tema yang tidak hanya menggugah selera makan, tetapi juga peduli lingkungan terutama terkait dengan pengurangan penggunaan sampah plastik.


Sebelum kegiatan sarapan bersama dimulai  didahului dengan  apel dan senam yang diikuti oleh guru karyawan serta seluruh siswa siswi MTsN 7 Jember. Dalam kegiatan ini diisi dengan sambutan pembina apel, isi dari sambutan apel disamping terkait himbauan dan ajakan dalam memasuki bulan ramadhan 1445 Hijriyah juga disampaikan pentingnya sarapan pagi masakan ibu dan pentingnya pengurangan penggunaan sampah plastik . Kegiatan apel diakhiri dengan kegiatan sarapan bersama oleh seluruh guru dan karyawan.


Salah satu acara pada hari ini adalah sarapan bersama bertujuan untuk mendorong kesadaran akan pentingnya mencintai masakan ibu sendiri yang dimasak dengan penuh cinta sambil berkontribusi dalam mengurangi penggunaan plastik.


Dengan semangat gotong-royong oleh semua guru karyawan serta OSIM, setiap siswa-siswi dan guru membawa bekal dari rumah, menghadirkan keanekaragaman hidangan makanan tradisional yang menggugah selera.


Melalui kebersamaan ini, mereka tidak hanya menikmati sajian lezat makanan yang dbawa , tetapi juga mempererat hubungan antar siswa-siswi bapak ibu guru dan karyawan.


Tidak hanya tentang makanan, acara ini juga menciptakan kesadaran akan masalah lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik sebagai sebuah komitmen terkait dengan predikat yang disandang MTsN 7 sebagai Madrasah Adiwiyata tahun 2023 .


Para siswa-siswi dan guru membawa bekal menggunakan wadah dari bahan ramah lingkungan, memberikan contoh bahwa kepedulian terhadap lingkungan dapat dimulai dari hal-hal sekecil ini yang selama ini tidak diperhitungkan.


Guru dan siswa-siswi selama ini aktif berdiskusi tentang cara-cara kreatif untuk mengurangi penggunaan plastik sehari-hari, menciptakan suasana yang edukatif dan menyenangkan. Dengan semangat bersama, mereka merencanakan langkah-langkah untuk mengimplementasikan kebiasaan positif ini dalam kehidupan sehari-hari di madrasah dan rumah masing-masing. Salah satu dari hasil diskusi guru dan siswa dalam hal ini Guru , pembina OSIM dan OSIM  menyepakati diadakan kegiatan sarapan bersama yang dilaksanakan dihari terakhir masuk sebelum memasuki libur permulaan puasa Ramadhan 1445 Hijriyah. 


Acara sarapan bersama ini bukan hanya sekadar makan bersama, tetapi juga merupakan langkah kecil menuju perubahan positif. Para siswa-siswi MTsN 7 Jember tidak hanya belajar mencintai masakan ibu yang dimasak dengan penuh cinta tetapi juga merasakan kebahagiaan dalam berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.


Acara sarapan ini juga bapak ibu guru bisa  mengajarkan dan memberi contoh cara makan minum yang benar menurut islam dengan diawali membaca basmalah dan diakhiri membaca hamdalah.


Semangat positif ini diharapkan akan terus berkembang dan menginspirasi perubahan lebih lanjut dalam perilaku sehari-hari mereka. (Ihs)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati