ARTIKEL HARI KEBANGKITAN NASIONAL / by, KUNI NOERVITA ROMADHINI

Generasi Muda Bangkit, Indonesia Gemilang

Oleh; Kuni Noervita Romadhini, S.Si


20 Mei lalu, Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Pada zaman penjajahan, Hari Kebangkitan ditandai sebagai kebangkitan nasionalisme dan perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional erat kaitannya dengan hari terbentuknya Budi Utomo yang didirikan oleh dr. Soetomo dan beberapa pelajar STOVIA pada tanggal 20 Mei 1908. Kemudian setiap 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang diresmikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari – Hari Nasional yang bukan Hari Libur dan diperkuat di era Presiden Soeharto dengan keluarnya Keppres No 1 Tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

            Sedangkan pada zaman sekarang ini Indonesia telah merdeka dan sudah tidak dijajah oleh bangsa asing. Generasi muda saat ini dihadapkan dengan hal yang berbeda. Banyak perubahan dan perkembangan teknologi yang terjadi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi saat ini. Berbagai dampak ditimbulkan dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat. Tidak semua kalangan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini dengan baik. Salah satu contohnya, pada penggunaan social media sebagai salah satu bentuk produk dari perkembangan teknologi. Pengguna social media berasal dari berbagai kalangan, dengan perbedaan latar belakang, jenjang usia, strata ekonomi, pendidikan, dsb. Termasuk anak – anak dibawah umur yang seharusnya masih dibawah pengawasan orang tua atau wali mereka. Penggunaan social media yang berlebihan pada anak dibawah umur mempengaruhi perkembangan psikologis mereka. Menurut beberapa hasil penelitian dan laman pemberitaan, social media akan berdampak pada beberapa consent psikologis, termasuk kesehatan mental. Terdapat beberapa kasus depresi berat yang ditimbulkan dari penggunaan social media yang berlebih.

Namun bagi beberapa kalangan justru perubahan dan perkembangan teknologi ini membawa keuntungan dan dampak positif. Dengan adanya perkembangan teknologi akan mempermudah pekerjaan manusia, mempermudah komunikasi terutama dalam jangkauan jarak jauh, dan masih banyak benefit lainnya. Dengan begitu generasi muda saat ini dituntut berperan aktif mengikuti perkembangan zaman. Memanfaatkan segala produk perkembangan teknologi dengan optimal dan bijak, sehingga akan berdampak positif secara massive. Dampak positif ini diharapkan akan membawa perubahan besar yang menjadikan Indonesia semakin gemilang ditangan Generasi Muda yang kreatif, inovatif, bertanggung jawab, dan memiliki semangat persatuan serta rasa nasionalisme yang tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati