Komitmen Bersama Mendidik Bangsa
Oleh : Nike kusumawardani, S.Pd





Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei selalu. Peringatan ini menjadi momentum bagi arti pentingnya pendidikan bagi Indonesia. Tidak hanya untuk pendidik dan siswa, melainkan juga bagi seluruh rakyat Indonesia.

Komitmen dan semangat untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang dapat diakses oleh setiap warga negara harus senantiasa didukung. Setiap warga negara berhak untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.

Keadaan ekonomi, fisik, dan sosial tak lantas membatasi setiap warga negara untuk mengakses pendidikan secara menyeluruh. Setiap warga negara dari Sabang sampai Merauke berhak mendapatkan pendidikan. Pemerintah memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan.

Persoalan tentang pendidikan yang masih luas wajib diurai oleh pemerintah demi mencapai akses pendidikan yang ramah untuk setiap warga negara. Kualitas pendidikan perlu untuk selalu diawasi bersama karena pendidikan menjadi salah satu pilar masa depan bangsa.

Selain pemerintah, pendidikan tidak terlepas dari peran guru. Guru sebagai pendidik berperan penting untuk menyampaikan ilmu pengetahuan sekaligus mendidik anak bangsa. Tugas guru harus dipahami agar tak sekadar mengajar, tetapi juga harus mendidik. Terutama kaitannya dengan pendidikan karakter dan pendidikan agama.

Karakter anak-anak bangsa dapat dibentuk melalui usaha para pendidik dalam lingkungan pendidikan formal. Jadikan lingkungan pendidikan sebagai tempat yang menyenangkan untuk anak sehingga dapat mengeksplorasi diri sembari mengetahui bakat dan minat pada masa akan datang. Setiap prosesnya harus dilaksanakan dengan kerja sama berbagai pihak karena mendidik menjadi pekerjaan seluruh masyarakat Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati