MAKNA HARI KEBANGKITAN NASIONAL BAGI BANGSA INDONESIA

MAKNA HARI KEBANGKITAN NASIONAL 
BAGI BANGSA INDONESIA

Oleh Chusnul Chotimah, S.Pd.

Senin, 20 Mei 2024 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 yang mengusung tema "Bangkit untuk Indonesia Emas", yang mencerminkan kejayaan bangsa di tahun mendatang.
Tanggal 20 Mei salah satu sejarah Indonesia, yang  menandai kebangkitan semangat nasionalisme dan perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei merupakan tanggal berdirinya Organisasi Budi Utomo. Budi Utomo didirikan oleh Dr Soetomo bersama para pelajar 'School tot Opleiding van Inlandsche Artsen' (STOVIA) pada 20 Mei 1908, di Jakarta. Para pelajar tersebut terdiri dari Soeradji, Muhammad Saleh, Soewarno A, Goenawan Mangoenkoesoemo, Suwarno B., R. Gumbreg, R. Angka, dan Soetomo. Berdirinya Organisasi Budi Utomo  atas ide dari Dr Wahidin Sudirohusodo yang mempunyai keinginan untuk meningkatkan harkat dan martabat rakyat Indonesia. 
Organisasi budi utomo ini bersifat sosial, ekonomi, kebudayaan, serta tidak bersifat politik.
Dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini memiliki makna yang sangat penting. Ada beberapa makna yang bisa kita ambil dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional:
Semangat Persatuan dan Kesatuan
Hari Kebangkitan Nasional mengingatkan  pada pentingnya persatuan dan kesatuan dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kebangkitan Nasional mengajarkan kita bahwa semangat, persatuan dan perjuangan adalah kunci untuk meraih kemerdekaan bangsa. Perjuangan yang dilakukan secara bersama-sama lebih kuat dibandingkan dengan perjuangan yang dilakukan sendiri-sendiri.
Sebagai pilar Pendidikan 
Pada organisasi Budi Utomo menekankan pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan rakyat.
Melalui pendidikan, kita dapat membangun generasi yang cerdas dan mampu menghadapi tantangan zaman.
Kesadaran tentang Nasionalisme
Kebangkitan Nasional merupakan titik awal  Bangsa Indonesia untuk bangkit dan memiliki jiwa nasionalisme. Hari Kebangkitan Nasional dapat menumbuhkan kesadaran nasionalisme masyarakat Indonesia. Dengan mengenang perjuangan pendiri budi utomo atau para pahlawan, kita sebagai penerus bangsa untuk terus menjaga dan mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara.
Motivasi untuk Generasi penerus bangsa
Sebagai generasi penerus bangsa haruslah mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan yaitu dengan cara menjaga keutuhan Indonesia, memahami teori ketahanan nasional yang dijadikan dasar untuk memperjuangkan dan menjaga persatuan NKRI. Semangat kebangkitan nasional harus terus diwariskan kepada generasi muda karena mereka adalah penerus perjuangan bangsa yang harus memiliki semangat nasionalisme dan cinta tanah air yang tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati