Meningkatkan Kesadaran Lingkungan melalui Peringatan Kebangkitan Nasional di MTsN 7 Jember/ Ihsanuddin


Peringatan Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya selalu menjadi momen penting bagi MTsN 7 Jember dan seluruh bangsa Indonesia. Madrasah ini, yang dikenal sebagai salah satu sekolah Adiwiyata sejak ditetapkan pada tahun 2023 berdasarkan SK Bupati Jember , menjadikan peringatan tersebut sebagai kesempatan untuk meningkatkan kesadaran peduli terhadap lingkungan di kalangan siswa dan guru atau yang dikenal dengan istilah GPBLHS ( gerakan peduli berbudaya lingkungan hidup di sekolah). Berikut adalah beberapa cara yang dilakukan oleh guru dan siswa MTsN 7 Jember dalam memperingati hari bersejarah ini.

1. Upacara Bendera dengan Tema Lingkungan

Kegiatan dimulai dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh warga madrasah. Upacara ini tidak hanya mengingatkan kembali akan pentingnya semangat Kebangkitan Nasional yang diawali dengan didirikannya Organisasi Boedi Oetomo oleh Dr Soetomo dan Mahasiswa Stovia yang menandai bangkitnya rasa nasionalisme , persatuan dan kesatuan , tetapi juga diisi dengan pidato yang mengangkat isu-isu lingkungan. Kepala madrasah atau guru yang menjadi Pembina upacara bisa  menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan sebagai bentuk nyata dari semangat kebangkitan nasional di era modern ini. Dalam pidato tersebut, juga disampaikan berbagai program dan kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari dalam rangka peringatan hari kebangkitan nasional.

2. Aksi Bersih-Bersih Lingkungan

Setelah upacara bendera, siswa dan guru bersama-sama melakukan aksi bersih-bersih ingkungan madrasah. Kegiatan ini meliputi pembersihan ruang kelas, halaman madrasah, serta taman-taman yang ada di sekitar madrasah. Guru memberikan arahan mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan bagaimana aksi sederhana ini bisa memberikan dampak besar terhadap lingkungan. Melalui kegiatan ini, siswa diajarkan untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

3. Penanaman Pohon

Sebagai bagian dari program sekolah Adiwiyata, penanaman pohon menjadi salah satu kegiatan utama. Guru dan siswa berpartisipasi dalam menanam berbagai jenis pohon di area madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penghijauan dan memberikan edukasi mengenai pentingnya pohon bagi lingkungan. Setiap kelas bertanggung jawab terhadap satu area penanaman, sehingga mereka dapat terus merawat pohon-pohon tersebut dalam keseharian mereka di madrasah.

4. Lomba Kreasi dari Barang Bekas

Untuk mengembangkan kreativitas siswa sekaligus mempromosikan daur ulang, diadakan lomba kreasi dari barang bekas. Siswa diminta untuk membuat karya seni atau alat-alat fungsional dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Lomba ini tidak hanya mengasah keterampilan kreatif siswa, tetapi juga mengajarkan pentingnya mengurangi sampah dan memanfaatkan kembali barang-barang yang ada yang dikenal dengan istilah 4R (reduce,reuse, recycle dan replace).

5. Seminar dan Diskusi Lingkungan

Sebagai penutup rangkaian kegiatan, diadakan seminar dan diskusi yang menghadirkan narasumber dari komunitas peduli lingkungan. Seminar ini membahas berbagai masalah lingkungan seperti polusi, pemanasan global, dan cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Siswa diajak untuk aktif berdiskusi dan mengemukakan ide-ide mereka mengenai solusi untuk masalah-masalah tersebut.

6. Kampanye Peduli Lingkungan di Media Sosial

Untuk menjangkau lebih banyak orang dan menginspirasi aksi serupa, siswa-siswa MTsN 7 Jember juga melakukan kampanye peduli lingkungan melalui media sosial. Mereka memposting foto dan video kegiatan mereka dengan hashtag tertentu, serta berbagi tips menjaga lingkungan. Kampanye ini tidak hanya meningkatkan kesadaran di kalangan siswa, tetapi juga masyarakat luas.

Kesimpulan

Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Kebangkitan Nasional, MTsN 7 Jember berhasil meningkatkan kesadaran peduli terhadap lingkungan di kalangan siswa dan guru. Sebagai sekolah Adiwiyata, MTsN 7 Jember menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Semoga upaya ini dapat terus berlanjut dan menginspirasi lebih banyak pihak untuk peduli terhadap lingkungan kita.


Catatan : Semoga Kegiatan dalam artikel yang saat ini hanya beberapa yang bisa dilakukan tahun berikutnya bisa dilaksanakan secara keseluruhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati