STOP BULLYING / SRI HIDAYATI



*STOP BULLYING* 

Stop bullying , banyak sekali kasus yang beredar tentang bullying, tidak hanya di internet bahkan sering terjadi di sekitar kita, sangat perlu bimbingan, etika, juga sangat penting mendidik tata Krama.
Bullying atau perudungan telah menjadi masalah serius yang telah mengganggu kehidupan masyarakat, terutama siswa sekolah. Perundungan merupakan tindakan dimana seseorang atau sekelompok melakukan kekerasan, baik secara verbal maupun non-verbal terhadap orang lain yang lebih lemah.
 
Apabila terus menerus terjadi bullying atau perundungan,anak yang terkena pembullyan pasti akan merasa tidak nyaman, dan akan berdampak buruk terhadap psikologisnya  dan bahkan menyebabkan trauma seumur hidup. Mengingat seriusnya masalah ini.
Bullying tidak hanya terjadi di masyarakat dan sekolah cara mengatasi bullying di sekolah adalah dengan cara deteksi tindakan bullying sejak dini, memberikan sosialisasi terhadap bullying, memberi dukungan pada korban, memberi peraturan yang tegas pada bullying, memberi teladan dan contoh yang baik, membantu pelaku menghentikan perilaku buruk nya.

Di internet pun banyak sekali orang yang mengomentari tentang konten konten yang di upload di media sosial, sangat penting sekali menfilter atau menyaring terlebih dahulu sebelum mengomentari. Banyak sekali kreator kreator video depresi hingga, tidak meng-upload video karena pembullyan, komentar yang menyakitkan dan banyak kasus kasus beredar yang belum di ketahui kebenaran nya, untuk mengatasi seperti itu perlu bimbingan orang tua, seorang teman serta seseorang yang membuat mu merasa nyaman, blokir akun pelaku yang membully. Dan berusaha mengubah diri menjadi lebih baik mencoba hobi baru agar tidak bosan.
 
 Cara mencegah bullying di dunia Maya/media sosial 
Berusaha memahami perasaan orang lain.
Berpikir secara bijaksana sebelum mengutarakan pendapat di dunia maya.
Menghormati orang lain sekalipun di dunia maya.
Menumbuhkan sikap toleransi kepada orang lain yang berbeda suku, ras, agama, gender, dan pandangan hidup.
Ikut menghentikan kasus bullying apabila menemukannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati