Penggunaan Media sebagai sarana pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif by Siti Fathimah

      Pendidikan dapat diartikan sebagai  suatu proses transformasi  pengetahuan, nilai dan keterampilan untuk di sampaikan kepada peserta didik baik secara formal atau non formal

      Pendidikan informal merupakan suatu proses transformasi nilai, pengetahuan dan keterampilan yang berjalan secara alamiah,kekuatan model ini ada pada pembentukan nilai dan kebiasaan , di lain pihak pendidikan formal suatu usaha sadar manusia untuk menyampaikan keterampilan dan model pemikiran , untuk menjalankan fungsinya pendidikan adalah suatu media bersifat praktis yang memindahkan dan mentransformasikan nilai, karakter, pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik.

       Pembelajaran yang kreatif dan inovatif memang sangat mengasikkan, sering kita menjumpai dalam kegiatan belajar mengajar

Seorang pendidik setelah menyampaikan materi  pasti menanyakan ke peserta didik 

Apakah sudah faham anak- anak ? , Apakah ada pertanyaan? dengan pertanyaan seorang guru pasti peserta akan mempunyai respon

makanya kalau seorang hanya bersifat diam saja dan monoton dalam hal bertanya, maka peserta didik di mungkinkan tidak ada pertanyaan  malahan mereka akan bengong  saja dan diam saja.

          Seorang pendidik untuk menghadapi fenomena peserta yang seperti itu harus mempunyai teknik- teknik bertanya dan memotivasi tertentu yang menarik kepada peserta didik biar setiap peserta didik bisa membuat paling tidak satu pertanyaan  maka dari itu pentingnya seorang pendidik harus merubah dirinya untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif di dalam pembelajaran.

          Dalam pembelajaran sejarah , misalnya materi tentang sejarah kemerdekaan RI , jika seorang pendidik mampu menyampaikan materi dengan sangat menarik seperti memutarkan video perjuangan , rute perjuangan  maka akan banyak pertanyaan yang akan di munculkan , apalagi bila seorang guru sebelum menyampaikan materi di persiapkan media pembelajaran yang menarik makan akan mengelitik peserta didik untuk memunculkan suatu pertanyaan.

             Untuk memunculkan suatu pertanyaan tentang pembelajaran yang kreatif dan inovatif atau mengungkapkan kembali materi penting yang telah di sampaikan oleh seorang pendidik maka pihak madrasah harus menyediakan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

             Model pembelajaran yang kreatif dan inovatif harus  di ciptakan suasana belajar yang benar- benar menyenangkan dan ramah ke peserta didik  sehingga mereka bisa mengemukakan ide-ide kreatifnya dan kegiatan selanjutnya di harapkan harus transparan maksudnya bukan pihak madrasah yang menentukan media saja tetapi seorang pendidik di tuntut mampu menciptakan suasana belajar yang bersifat terbuka kepada peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati