IBUKU PENCETAK KEBAHAGIAAKU Oleh : Nike Kusumawardani, S.Pd






     Aku adalah anak dari keluarga yg sederhana & bahagia, dimana orang tuaku hanya sebagai karyawan pabrik gula yg tak seberapa gaji nya sedangkan ibuku profesinya sebagai seorang guru SD. Kami berasal dari daerah yang gak terlalu besar tapi apapun yang kami cari pasti ada semua, kotaku adalah Situbondo. Aku bersekolah dari TK, SD, SMP sampai SMA tetap dikota tercintaku. Kotaku kecil tapi memberikan banyak kenangan bahagia yang tak terlupakan. 
     Aku tiga bersaudara dimana aku anak tengah yang sangat dekat dengan ibuku. Seperti yang sudah diceritakan diawal bahwa aku berasal dari keluarga kecil keluarga sederhana yang bahagia, kenapa aku katakan bahagia karena aku merasa didikan bapak ibuku berhasil membuat kami anak anaknya menjadi sukses dan samawa (sakinah mawadah warohmah semua).
     Kehidupanku saat ini Alhamdulillah sesuai dengan impianku dengan memiliki anak anak yg sholeh dan sholehah dan memiliki suami yang tepat yaitu suami yang selalu menyayangi keluarga, bertanggung jawab & berakhlakul karimah. Dalam menerapkan aturan , kebijakan dalam mendidik anak dan mengatur keuangan keluarga semuanya aku meniru cara ibuku dalam mengatur sistem keluarga samawanya. Kenapa ibuku yang aku jadikan sebagai motivasi dan inspirasi dalam hidupku karena aku merasa dulu sangat nyaman dengan aturan aturan yang diberikannya juga contoh tauladan yang diberikan ibuku kepada semua anak anaknya
     Almarhum ibuku adalah sesosok wanita sederhana dari desa Gunung kidul Yogyakarta, yang kebiasaannya selalu terbuka pada suami dan anak anaknya juga selalu memberikan contoh  bersikap jujur dalam hal apapun. Almarhum ibuku juga tidak diktator selalu demokratis mengedepankan kebahagiaan putra putrinya, dan kami tidak merasa tertekan terhadap sesuatu yang diputuskan & apa yang kami laksanakan. Dalam mendidik anakpun ibuku menekankan pada pondasi agama yang kuat sehingga kami sebagai anaknya dituntut untuk sekolah madrasah sore, magrib ngaji dimushollah dan paginya sekolah umum. Kalau akhlak dikedepankan maka yang lain  (kebahagiaan, kesuksesan, rezeki, sehat) akan menyusul dengan sendirinya. Dengan keterbukaan maka kedekatan antara kami sangat luar biasa sampai sampai apapun yg ibu inginkan pasti aku akan selalu mewujudkan yang terpenting ibu bahagia dan senang. Pernah kejadian dimana aku malas belajar  dalam menghadapi ujian tiba tiba terbayang wajah ibu akhirnya semangat muncul kembali karena aku tidak ingin melihat wajah ibuku yang sedih tapi pengen melihat wajah ibuku yg bahagia saat melihat nilaiku yang bagus, ini terbukti sejak skolah slalu juara kelas dan IPK yang tinggi. Dulu saat Almarhum bapak saat pulang kerja mendapatkan gaji dengan amplop ditangannya Beliau mengajak ke tiga anaknga untuk memberi kejutan pada ibu sebuah amplop gaji , bisa dibayangkan bagaimana senengnya ibuku. Kalau setelah menerima gaji biasanya kita sekeluarga naik becak bareng untuk makan disebuah restoran, hanya hal sepele sangat membekas dihati dan pikiran kami.
     Bener dalam Alquran bahwa apa yang kita lakukan baik maka balasannya juga lebih banyak & baik untuk kita. Sangat betul sekali dengan bersikap baik tawaduk pada orang tua maka Allah akan memulyakan kehidupan kita. Hal tersebut bener bener aku rasakan dan alami. Doa orang tua terutama ibu yang akan menghantarkan kami pada kebahagiaan dunia akhirat
     Literasi ini aku persembahkan untuk Almarhum Almarhumah bapak ibuku smoga diampuni segala dosa dosanya, diterima amal ibadahnya dan ditempatkan disurganya Allah...Aamiin.
     Ibuku pencetus kebahagiaanku berkat  ketauladannya dan doanya. Terimakasih ibuku engkau telah memilihkanku jodoh yang tepat untukku , aku bahagia bersama suami pilihanmu dianugrahi anak anak yang sholeh sholehah yang selalu mendoakan Almarhum Almarhumah eyang kung dan eyang utinya setiap saat..Barokallah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarapan Bersama Siswa-siswi , Guru dan Karyawan MTsN 7 Jember:" Mencintai Masakan Ibu dan Mengurangi Penggunaan Plastik" / Ihsanuddin

Siswa MTsN 7 Jember, Zidan Adabi, Jalani Pelatihan Tenis Meja di Malaysia/Ihsanuddin

Sambil Menyelam Minum Air MTs.N 7 Jember/Sujarwati